Berita

Wali Kota Hadiri Lomba Kinerja Kelurahan Tingkat Kota Depok

SahabatIdris.com- Wali Kota Depok Dr. KH Mohammad Idris, MA menghadiri Lomba Kinerja Kelurahan Tingkat Kota Depok yang diselenggarakan oleh Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok di Aula Kantor Kelurahan Gandul, Cinere, Selasa (14/11/2017).

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Kota Depok mengapresiasi peran dan keberadaan lurah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Terlebih lurah memiliki tugas pokok sebagai penyelenggara urusan ketertiban umum di wilayah kerjanya selain juga sebagai pelaksana tugas-tugas yang diberikan oleh camat atau walikota di dalam melaksanakan kegiatan pelayanan masyarakat serta pembangunan di wilayahnya.

“Kita sama-sama tahu bahwa kelurahan adalah elemen terbawah dari eksekutif yang bersentuhan langsung dengan masyarakat disamping juga tugas pokoknya sebagai penyelenggara urusan ketertiban umum di wilayah kerjanya,” tuturnya.

Meski demikian, Idris tidak memungkiri ada sedikit hambatan tindakan kewenangan atau otoritas seorang lurah utamanya dalam hal kegiatan-kegiatan yang masuk ranah dinas atau OPD. Memang, lanjutnya, belum ada  kewenangan khusus yang diberikan kepada lurah baik dalam hal pengawasan maupun hal tindakan atau kebijakan dalam hal tindakan penyimpangan dan sebagainya.

“Belum lagi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh instansi vertical atau pemerintah pusat. Kewenangan itu sekarang sudah banyak tidak lagi di wilayah kerja kita. Permasalahan pembangunan jalan tol, misalnya, tidak ada sama sekali kewenangan dari pemerintah daerah untuk melakukan tindakan-tindakan atau intervensi terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah pusat dalam hal ini,” ungkap Mohammad Idris.

Orang nomor satu di Kota Depok pun mengimbau para lurah untuk berikan pelayanan terbaik pada warganya dan melakukan kegiatan-kegiatan pemberdayaan warganya sesuai dengan tupoksinya. Itu saja, lanjutnya, sudah terlihat bahwa seorang lurah mempunyai fungsi kerja yang banyak dalam melayani masyarakat. Tidak heran lurah ini selalu dibantu oleh isterinya yang melekat sebagai ketua TP PKK Kelurahan.  Walhal, kebijakan lurah itu banyak dibantu oleh lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) dan TP PKK.

“Nah, dari sini saja bisa kita lihat betapa seorang lurah mempunyai fungsi kerja yang banyak dalam melayani masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut, Kiai Idris mengajak para lurah untuk menggiatkan inovasi dan kreativitas dalam hal mengkoordinasi komponen-komponen yang ada di kelurahan serta menyatukan kekuatan-kekuatan masyarakat yang ada di kelurahan,seperti  kegiatan-kegiatan kepemudaan.

“Tentunya Lurah bersinergi dengan lembaga-lembaga kepemudaan seperti KNPI, Karang taruna, LPM,” pungkas Wali kota Depok Mohammad Idris

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *