Berita

Wali Kota Depok Hadiri Rapat BKSP Jabodetabekjur

SahabatIdris.com- Wali Kota Depok Mohammad Idris menghadiri Rapat Kerja Kepala Daerah Badan Kerjasama Pembangunan (BKSP) Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi, Cianjur (Jabodetabekjur) Tahun 2018 yang berlangsung di Balaikota Jakarta pada Selasa (03/04/2018). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selaku Ketua BKSP Jabodetabekjur membuka sekaligus memimpin rapat kerja yang membahas sejumlah program kerja strategis bersama Kepala Daerah masing-masing wilayah.

Adapun lima permasalahan yang dibahas dalam rapat tersebut ialah banjir, kemacetan, penyediaan air bersih, persampahan dan ketahanan pangan. “Sejumlah solusi atas permasalahn tersebut akan dibahas lebih dalam dalam rapat kerja ini,” kata Gubernur Anies. Diantaranya normalisasi daerah aliran sungai untuk menangani banjir, peningkatan jalan lintas batas untuk menangani kemacetan, pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPSP) untuk menangani sampah, pembangunan waduk untuk penyediaan air bersih, tiket terusan yang terpadu untuk pembenahan transportasi dan pembangunan system distribusi pangan untuk ketahanan pangan.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyampaikan beberapa hal, diantaranya terkait masalah aset. “Seperti kita ketahui bersama, bahwa setu yang ada di daerah, baik kabupaten/kota, kewenangannya ada pada Pemerintah Pusat. Saat ini, di Kota Depok sendiri ada 23 setu, diantaranya Setu Sawangan dan Setu Bojongsari yang dapat menahan air diperbatasan untuk mengatasi masalah banjir,” kata Idris. Dirinya berharap permasalahan aset Pemerintah Pusat yang ada di daerah dapat diselesaikan bersama melalui BKSP. Lanjutnya lagi, terkait permasalahan sungai besar, menurutnya dapat dibuat pintu air yang dapat mengatur air yang turun ke Ibukota.

Untuk diketahui, yuridiksi BKSP Jabodetabekjur meliputi tiga provinsi yakni Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten serta Sembilan Kabupaten/Kota, yaitu Kota Tanggerang, Kota Tanggerang Selatan dan Kabupaten Tanggerang di Provinsi Banten; Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi; Kota Bogor dan Kabupaten Bogor; Kota Depok dan Kabupaten Cianjur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *