Walikota_Depok_2016 

KH. Dr., Mohammad Idris, MA. dilahirkan di Jakarta, 25 Juli 1961. Ayahnya, H. Abdul Shomad asli Beji, sedangkan Ibunya Hj. Yumani Binti Sholeh asli kelahiran Cilodong. Kedua orang tuanya kemudian hijrah di Jakarta untuk berdagang di Manggarai. Idris dan kedelapan saudaranya lahir di Jakarta dengan lingkungan keluarga besar yang religius.

Nama Idris Abdul Shomad memang lebih popular dibandingkan dengan nama aslinya Mohammad Idris, Penempatan nama belakang Abdul Shomad karena ayahanda Mohammad Idris bernama Abdul Shomad.

Cucu dari KH. Hasbi dan Nyai Siqot, Sesepuh Beji dan meski kedua orang tuanya berasal dari Depok, ia dilahirkan di Jakarta mengikuti kehidupan orang tuanya yang berdagang di Manggarai. menamatkan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah di Jakarta dan melanjutkannya ke Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo hingga meraih beasiswa studi di Arab Saudi pada tahun 1982. Ia kemudian meraih gelar doktor di Fakultas Syari’ah jurusan Tsaqofah Islamiyyah Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud,Riyadh, Arab Saudi.

Suami dari Hj. Elly Farida ini memiliki motto hidup “Hidup Bermanfaat di Ridho’i Allah SWT”

Mohammad Idris sebelum menjadi Walikota Depok periode 2016-2021, ia pernah menjabat sebagai Wakil Walikota Depok periode 2011-2016. Selain itu, ia juga merupakan dosen di Universitas Indonesia, Universitas Islam Nasional Hidayatullah, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) At Taqwa Bekasi. Di akhir jabatan Nur Mahmudi Ismail sebagai walikota, ia mengajukan diri sebagai calon walikota pada Pemilihan Umum Walikota Depok 2015.