Catatan

Mohammad Idris Ungkap Islam Tidak Memisahkan Dunia Dan Akhirat

SahabatIdris.com- Wali Kota Depok, Mohammad Idris memenuhi undangan menjadi Imam dan Khotib Sholat Jum’at dari Masjid Darul Ilmi, Universitas Gunadarma, Kelurahan Pondok Cina, (24/08/2018)

Dalam Khutbah Jum’atnya, Orang nomor satu Kota Depok mengungkapkan bahwa diantara kelemahan umat islam menurut Rasulullah SAW lewat sebuah hadist di dalamnya adalah umat ini seringkali seperti hidangan yang lezat dan dikerumuni orang lapar dan ingin melakukan sesuatu pada umat ini. Idris menambahkan dalam hadist lain ada pemahaman bahwa faktor kelemahan umat ini adalah kesalah pahaman terhadap teori-teori keIslaman.

“Banyak sekali teori Islam antara lain kecenderungan memisahkan antara kehidupan materi dan moral Islam,” ujar Mohammad Idris

Dikatakannya Umat Islam seakan-akan diarahkan ke pemahaman yang kurang tepat terkait pemahaman Ulama. PadahalĀ Allah SWT atau Rasulullah SAW tidak pernah mengarahkan satu persepsi pada ulama yang mendalami ilmu agama. Apalagi di bidang ibadah. Idris menambahkan Diantara Definisi Ulama didalam Al-Qur’an adalah Ulama mempunyai rasa takut pada allah S.W.T. Allah tidak membatasi ulama dalam mempelajari agama. Tentang zakat, dll. Itulah kepribadian ulama. Artinya kita umat islam harus mengetahui makna ini.

“Mereka yang mendalam ilmu biologi, fisika, atau apapun yang duniawi maka mereka sama seperti ulama. Kalau memang ilmu itu membuat kita takut pada Allah SWT,” kata Mohammad Idris

Menurutnya sangat penting sekali saat kita membaca ayat untuk memahami dan menjelaskan yang tujuannya untuk satu pengertian. Padahal satu ayat dengan lainnya tidak bisa terpisahkan. Seakan-akan kalau kita tutup ayat ini, dunia ya dunia. Akhirat ya akhirat. Idris menerangkan Padahal Allah dalam Surat Al-Jumuah secara tegas menyatakan kalau kalian sudah ibadah silahkan lakukan dunia. Bertebaranlah kalian di dunia ini.

“Belajar ya belajar. Tetapi jangan lupa ingatlah pada Allah S.W.T yang telah memberikan kita fasilitas, kesempatan, dan peluang pada kita untuk cari ilmu. Semoga kalian mendapatkan kemenangan, kejayaan. Kejayaan umat ketika dia bisa memisahkan dengan dunia dan akhirat,” ujar Idris.

Alumni Gontor ini mengingatkan kenapa rasul pernah mengatakan pada kita bahwa dalam kehidupan akhirat nanti ada ahli ibadah yang aib dari tabungan dan investasi dari kehidupan di dunia? Karena dia perhatian kepada pekerjaan-pekerjan yang sifatnya duniawi.

“Sholatlah kalian pada Idul adha dan berkurbanlah kalian” Sholat Ini membuat kita dekat dengan allah S.W.T sedangkan ibadah pada hewan qurban dapat menyentuh kehidupan manusia, sosial, dan masyarakat,” tutur Mohammad Idris mengakhiri Khutbahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *