Berita

Andalkan Pelayanan Elektronik, Depok Masuk 10 Nominasi SSA

SahabatIdris.com- Kunjungan Tim Verifikasi Hasil Penilaian National Sanitation City Rating 2018 ke Kota Depok mendapat sambutan hangat dari Wali Kota Depok, Mohammad Idris dan Instansi terkait. Kunjungan ini dalam rangka mengecek dan mensingkronkan update data dan kondisi lapangan.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris menceritakn pengalamannya menggali informasi dari warga Australia tentang bagaimana menumbuhkan budaya atau kebiasaan memilah sampah di Australia

“Ternyata Australia untuk mewujudkan budaya memilah sampah membutuhkan waktu 30 tahun untuk jadi budaya,” tutur Mohammad Idris mengawali sambutannya dihadapan tim verifikasi Smart Sanitation Award (SSA) diruang bougenvile Balaikota, Selasa (16/10/2018)

Dirinya menuturkan selalu menanamkan kepada Organisasi Perangkat Daerah untuk benar-benar memberdayakan membudidayakan membangun kota untuk kesejahteraan masyarakat dan bukan sekedar membuat kegiatan untuk cari muka.

“Alhamdulillah, Kota Depok menjadi salah satu dari 10 nominasi Smart Sanitation Award (SSA) tingkat nasional. Semoga kami bisa terus bahu-membahu menyelesaikan segala persoalan sanitasi, sehingga smart sanitasi di kota Depok benar-benar terwujud, tentunya tidak hanya untuk penilaian semata, tetapi secara berkelanjutan,” ujar Mohammad Idris.

Dikatakannya, dalam penilaian ini Kota Depok setidaknya memajukan beberapa unggulan. Salah satunya melalui aplikasi Sistem Informasi Pemetaan Profil Kesehatan Lingkungan (SIPP KLING). Aplikasi ini bermanfaat untuk pelayanan kesehatan lingkungan di antaranya profil kesehatan di Kota Depok dapat terlihat dalam bentuk pemetaan, sehingga dapat dengan mudah terpantau.

“Dalam menciptakan kawasan sehat, kita juga membangun septictank di masyarakat yang masih menggunakan jamban untuk membuang kotorannya. Selain itu, Depok mengoptimalkan keberadaan Unit Pengolahan Sampah (UPS) terutama sampah organik dengan menggunakan maggot,” pungkas Idris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *